Blog

Kuliah Tamu Social Entrepreneurship: Think. Do. Make a Difference

By

April 13, 2016

0 comments

CTI, Techno Dept

Kuliah Tamu Ikado“Apakah yang dimaksud dengan social entrepreneurship? Apakah kita bisa kaya dari social entrepreneurship?” Dua pertanyaan ini dilontarkan oleh Ibu Dessy Aliandrina, Ph.D. dari Universitas Surya, sebagai pembuka dalam kuliah tamu bertajuk “Social Entrepreneurship: Think. Do. Make a Difference” yang diselenggarakan pada tanggal 13 April 2016. Sekitar 100 mahasiswa memenuhi Auditorium C-604, Gedung C, Kampus Institut Informatika Indonesia (IKADO) Surabaya, dengan antusias mendengarkan pemaparan Ibu Dessy tentang apa social entrepreneurship itu.

Di kuliah tamu ini, mahasiswa diajak untuk melihat perbedaan antara business entrepreneurship dengan social entrepreneurship. “Business entrepreneurship menekankan kepada profit semata, sedangkan social entrepreneurship lebih menekankan kepada dampak positif untuk masyarakat luas”, ujar Ibu Dessy. Social entrepreneurship lebih mengedepankan kepada inovasi yang membawa dampak jangka panjang bagi masyarakat, untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada di lingkungan sekitar.

Ada banyak orang yang sukses menjalankan social entrepreneurship ini, salah satunya adalah dr. Gamal Albinsaid dengan konsep bank sampahnya. Dimana melalui bank sampah yang digagas beliau ini masyarakat diajak untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dan juga peduli terhadap kesehatan. Masyarakat diajak untuk mengumpulkan sampah, lalu dari sampah ini dr. Gamal akan menukarnya dengan asuransi kesehatan yang bisa digunakan untuk berobat secara gratis. Sebuah inovasi yang mungkin terkesan sederhana tetapi membawa dampak yang sangat besar bagi masyarakat.

Sebagai penutup, Ibu Dessy mengingatkan dan memotivasi mahasiswa agar bisa berperan lebih lagi kepada masyarakat luas melalui Social Entrepreneurship. Mahasiswa diajak untuk lebih inovatif dan kreatif dalam melihat permasalahan yang ada disekitarnya dan berperan serta aktif memikirkan solusinya.

Sumber : https://ikado.ac.id/berita_detil.php?nid=24

FacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr

Tags

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*