Blog

Menumbuhkembangkan Kreativitas bersama AHAI dan B-Creator

AHAI SDN Dibaduyut Bandung 29 Mei 2015

AHAI SDN Dibaduyut Bandung
29 Mei 2015

Technopreneurship for Youth (TfY) adalah sebuah organisasi yang bernaung di bawah Center for Technopreneurship and Innovation (CTI) Surya University dan merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan dan berbagi ilmu yang telah mereka peroleh di proses perkuliahan kepada anak-anak usia SD, SMP, dan SMA. Pada tanggal 29 – 30 Mei 2015, TfY bekerja sama dengan Indomaret dan Anlene mengadakan AHAI dan BCreator di Bandung.

AHAI (Anak Hebat Anak Indonesia) adalah acara yang bertujuan untuk menginspirasi anak-anak SD dalam menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan kreativitas. Pada tanggal 29 Mei 2015, AHAI kembali dilaksanakan, dan kali ini SDN Cibaduyut 1236 menjadi tempat pelaksanaan program ini. AHAI kali ini melibatkan 300 anak yang terlihat sangat antusias dan penuh semangat, bahkan beberapa anak yang tidak terdaftar mencoba untuk menerobos masuk ke dalam acara. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain Pohon Impian, Tubbie Tubbe, dan Menjaga Bumi.

Pada sesi Pohon Impian para peserta diajak untuk berani bercita-cita. Sedangkan pada sesi Tubbie Tubbe, kreativitas anak-anak ini ditantang dengan mendaur ulang sampah roll tissue sehingga mempunyai nilai ekonomi. Para peserta ini juga dibangun kepedulian atas lingkungan dengan mengumpulkan sampah-sampah yang dihasilkan sepanjang kegiatan melalui sesi Menjaga Bumi.

Ibu Ida selaku wakil kepala SDN Cibaduyut 1236 merasa sangat senang karena acara ini merupakan acara kreativitas pertama yang dilaksanakan di sekolah itu. Ia berharap, kegiatan tesebut dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas.

BCreator SMP Marhas Bandung 30 Mei 2015

BCreator SMP Marhas Bandung
30 Mei 2015

Bcreator (Be A Creative Innovator) merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, mampu menciptakan opportunity yang merupakan modal dasar untuk menjadi seorang entrepreneur. BCreator dirancang untuk siswa SMP yang pelaksanaan kali ini merupakan rangkaian dari program kreativitas di Bandung dan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2015 di SMP Marhas Bandung yang melibatkan 107 siswa. BCreator memiliki 4 sesi, yaitu Who Am I, Look Around You, Let’s Think Creatively, dan I Made It.

Who Am I mengajak peserta untuk menilai kemampuan kreativitas mereka sendiri melalui permainan menggambar. Pada sesi Look Around You, sensitifitas peserta diasah dengan peka terhadap lingkungan sekitar. Sementara itu pada sesi Let’s Think Creatively, peserta dikenalkan dengan metode berpikir kreatif dan out of the box melalui metode Six Thinking Hats. Dan akhirnya, pada sesi I Made It seluruh pengetahuan yang mereka peroleh pada sesi-sesi sebeumnya dituangkan pada permainan membuat ‘African Shoes’ yang mengajak peserta untuk membuat suatu prototipe kreatif dan memecahkan permasalahan yang diberikan.

Menurut Pak H. Thomas selaku kepala sekolah SMP Marhas, acara ini mengajak peserta untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif. Ia berharap acara ini dapat berlanjut dan mempererat kerja sama antara Surya University dan SMP Marhas.

AHAI dan BCreator menstimulus tumbuh-kembangnya kreatifitas dan inovasi melalui permainan-permainan yang melatih peserta untuk berpikir kritis, kreatif, dan peka terhadap lingkungan sekitar. Kegiatan ini didukung dengan antusias penuh, baik dari para peserta, sukarelawan, panitia, beserta para sponsor, Indomaret dan Anlene. (Clarissa Amadhea dan Erwin Chua)

FacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr

Tags

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*