SOCIAL INNOVATION COMPETITION (SIC)

SIC-LogoBerawal dari berbagai persoalan sosial yang muncul di tengah masyarakat maka lahirlah program Social Innovation Competition (SIC) sebagai wujud kepedulian CTI untuk memberikan solusi atas berbagai persoalan tersebut. SIC adalah program berbasis kompetisi yang mengajak generasi muda untuk turut serta memberikan ide-ide kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan sosial yang ada.

SIC mengajak kelompok generasi muda Indonesia yang berusia dari 15 hingga 20 tahun untuk turut memikirkan dan memberikan solusi atas permasalahan yang menjadi tema kompetisi. Untuk tahun 2013/2014, tema yang diangkat adalah tentang permasalahan sosial DKI Jakarta, seperti banjir, kemacetan, pendidikan dan kesehatan. Penilaian sendiri melalui dua tahapan, yaitu: 1) Tahap Pertama adalah seleksi nasional yang akan menghasilkan sejumlah kelompok finalis, dan 2) Tahap Kedua adalah kompetisi final yang diselenggarakan setelah kelompok finalis memperoleh pembekalan berupa: pelatihan, workshop, dan field trip agar finalis bisa mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada secara langsung di lapangan.

Hasil yang diharapkan melalui pelaksanaan SIC ini adalah:

  1. Rangkuman ide-ide inovatif, sederhana, aplikatif, berdampak luas, dan bisa diadopsi oleh pemerintah, perusahaan, atau masyarakat umum untuk dijadikan sebagai solusi permasalahan-permasalahan yang dirasakan masyarakat. Rangkuman ini akan dikemas secara menarik dalam media cetak dan media online yang akan menjangkau banyak pihak.
  2. Menciptakan generasi muda yang sadar akan pentingnya inovasi, memiliki kemampuan untuk berinovasi, dan memiliki rasa kepedulian sosial.
  3. Landasan kompetisi yang berkualitas dan dapat diadakan secara berkesinambungan.

Acara ini diselenggarakan oleh Center for Technopreneurship and Innovation (CTI) dan Program Studi Technopreneurship Surya University serta didukung penuh oleh INDOMARET dan Dewan Riset Daerah DKI Jakarta.

Informasi detail mengenai acara ini bisa klik di www.isicompetition.com

FacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr

Overview

SIC mengajak kelompok generasi muda Indonesia yang berusia dari 15 hingga 20 tahun untuk turut memikirkan dan memberikan solusi atas permasalahan yang menjadi tema kompetisi. Untuk tahun 2013/2014, tema yang diangkat adalah tentang permasalahan sosial DKI Jakarta, seperti banjir, kemacetan, pendidikan dan kesehatan.

Skills

SIC