Blog

Surya University Meraih Juara “Campus Innovation Award” pada Ajang Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) 2014

By

November 28, 2014

0 comments

Our News, Techno Dept

Campus Innovation

Surya University tidak hanya dipercaya sebagai kampus pertama se-Indonesia yang terpilih sebagai host pada Roadshow 8th Indosat Wireless Innovation Contest (IWIC) “Internet of Things” bulan September 2014 lalu, tetapi juga berhasil unjuk gigi pada ajang tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Surya University berhasil meraih prestasi Campus Innovation Award, yakni sebagai kampus yang paling antusias dalam mengirimkan proposal inovasi dalam IWIC ke-8 tahun ini. Jumlah proposal inovasi yang dikirimkan mahasiswa Surya University mencapai sebanyak 170 proposal. Jumlah ini termasuk sangat banyak relatif terhadap jumlah total mahasiswa Surya University sendiri yang sekitar 1.100 orang. Dengan kata lain, budaya inovasi di lingkungan Surya University sangat bagus.

Dr. Martin Tjahjono selaku Kepala Prodi Technopreneurship Surya University pun menyatakan, “Prestasi ini cukup membanggakan karena Surya University berada di peringkat pertama dan mengalahkan kampus-kampus  besar lain di Indonesia. Kemampuan mahasiswa Surya University dalam men-submit ide inovasi Apps merupakan cikal bakal berharga bagi pengembangan diri mahasiswa ke depan“.

Lebih lanjut, Dr. Eng. Odi Akhyarsi selaku dosen pengampu Technopreneurship Surya University juga mengungkapkan bahwa IWIC menjadi ajang mahasiswa Surya University untuk tampil dalam membuat inovasi teknologi berupa ide aplikasi yang inovatif dan digunakan banyak orang. Dengan prestasi awal yang cukup membanggakan pada ajang IWIC ini, kedepannya diharapkan ide-ide yang sudah dimulai ini bisa menjadi modal awal untuk mereka kembangkan sendiri lebih lanjut dan membangun sebuah startup company.

Penyerahan piala dan sertifikat sebagai juara Campus Innovation Award pada ajang IWIC ke-8 tahun ini dilakukan langsung oleh CEO Indosat, Alexander Rusli, kepada Dr. Eng. Odi Akhyarsi selaku perwakilan dari Surya University, Rabu malam (19/11), pada acara Winner Awarding Ceremony yang diadakan di mall fX Senayan Jakarta. Turut hadir pula salah satu peneliti muda Surya University, Vincentius Martin, yang berhasil menjadi salah satu pemenang dalam kategori “Multimedia and Games” dengan ide game bernama “Bactery Invasion“, serta Michael, Ayke, dan Lutfi (Technopreneurship angkatan 2013) selaku perwakilan mahasiswa Surya University.

Indosat Wireless Innovation Contest atau disingkat IWIC adalah ajang kompetisi inovasi teknologi yang diselenggarakan Indosat. Perhelatan ini diselenggarakan Indosat sejak tahun 2006 dan merupakan acara rutin tahunan yang dimasukkan sebagai program tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat (Corporate Social Responsibility). Konsep dasar IWIC adalah mencari talenta terbaik dari seluruh Indonesia dari bidang teknologi informasi dalam bentuk kompetisi. Peserta yang ikut serta dalam acara ini tidak dibatasi dalam hal usia maupun pendidikan. Selain penajaman kepada inovasi, IWIC tahun 2014 ini juga untuk mengasah jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) peserta.

FacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr

Tags

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*