Blog

Wapres Tertarik Varian Buah Merah Papua Hasil Inovasi Tim Peneliti Surya University

By

September 8, 2013

1 comment

Blog, Our News

Buah-Merah-CTI

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof Boediono tampaknya tertarik dengan varian produk yang berasal dari buah merah Papua yang dikembangkan peniliti dari Center for Technopreneruship and Innovation bekerja sama dengan Center for Beverages Surya University dalam acara kuliah perdana Surya University di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (3/9). Produk Inovasi Terobosan Tim Peneliti ini, dipamerkan oleh dalam stand Beverage bertajuk Varian Buah Merah Papoe-A, dalam bentuk minuman kesehatan, permen, sabun, wine dan lainnya. Wapres Boediono sangat serius memperhatikan penjelasan peneliti dari Surya University tentang varian buah merah yang merupakan super fruit dari tanah Papua yakni buah-buahan yang secara alami memiliki kandungan vitamin, mineral dan sangat tinggi antioksidannya. Ketika dikonsumsi, super fruit dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit kronis, kata Dr. Nyoman Artha (Center for Beverages) didamping Dr. Marthin Tjahjono (Center for Technopreneurship and Innovation).

Buah merah di dalamnya terkandung antioksidan dan nutrisi esensial yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, apalagi kandungan beta karoten dan a-tokoferol sebagai sumber provitamin A dan vitamin E yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari radikal bebas. Kandungan – kandungan nutrisi bioaktif yang dimiliki buah merah ini diantaranya karotenoid sekitar 12000 ppm atau sekitar 60 kali karotenoid minyak sawit merah, b-karoten 739 ppm atau sekitar 15 kali b-karoten minyak sawit merah dan vitamin E 11000 ppm atau sekitar 40 kali minyak sawit merah. Tidak hanya itu, buah merah juga diperkaya dengan kandungan asam lemak Omega-3, Omega-6 dan Omega-9, dimana ketiganya merupakan asam lemak baik yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung serta dapat meningkatkan kecerdasan pada anak-anak.

Wapres Boediono yang didampingi Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH semakin serius ketika tim peneliti menunjukan hasil pengembangan dari buah merah yang dijadikan minuman kesehatan tersebut. Untuk itu, Wapres Boediono meminta kepada Gubernur Papua agar terus mengembangkan buah merah tersebut sebagai produk unggulan Provinsi Papua. Ini harus dikembangkan dan penilitiannya terus dijalankan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi rakyat, kata Boediono kepada Gubernur Lukas Enembe.

Untuk itu, kata Gubernur Lukas Enembe, buah merah ini akan menjadi produk andalan bagi Provinsi Papua untuk dikembangkan dalam berbagai produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar, terutama untuk memenuhi kebutuhan vitamin A baik secara nasional maupun dunia, apalagi dunia meminta kepada Indonesia untuk memenuhi kebutuhan vitamin A ini dalam jumlah yang cukup besar. Disamping itu, lanjut Gubernur Lukas Enembe, untuk pemenuhan kebutuhan vitamin A tersebut, Papua bisa menjadi penyumbang terbesar dalam pemenuhan vitamin tersebut melalui pengembangan buah merah. Selain vitamin A, ujar Gubernur Lukas Enembe, buah merah ini bisa disajikan dalam bentuk healthy drink atau minuman kesehatan, sabun, wine dan lainnya.
Untuk itu, ke depannya kata Lukas Enembe, peran BUMD Papua ke depan nantinya akan menerima hasil produksi masyarakat yang ditampung, kemudian akan diolah untuk diekspor.

Sementara itu, dalam pameran itu, stand Surya University yang menampilkan varian buah merah ini, ternyata mendapat sambutan antusias dari pengunjung. Ratusan batang permen Papoe-A Candy yang saat ini dalam tahap pengembangan tim peneliti Surya University menjadi rebutan, termasuk rombongan Gubernur Papua, Ketua Komisi B DPRD, Yulianus Rumbairussy, Kadisperingdakop dan UKM Papua, Septinus Hamadi, Ketua Sinode GIDI, Pdt Lipiyus Biniluk, STh dan lainnya, termasuk para pelajar dan tamu-tamu undangan kuliah perdana tersebut. Mereka juga tertarik merasakan healthy drink Papoe-A dan juga buah merah yang dijadikan sebagai minuman wine yang segar dan mengandung vitamin, yang tersedia dalam format rose wine dan white wine buah merah. Termasuk sabun batangan untuk kesehatan juga ludes diminati oleh pengunjung. (Dirangkum dari www.radarsorong.com)

FacebookTwitterGoogle+PinterestTumblr

Tags

 

One Comment

  1. ian bicera says:

    hi all,

    i just arrived jakarta to find a buah merah suppliers of any product. I am willing to discuss business matters anytime
    up to march 16. I hope you can give me time for these matter.
    here”s my roaming number +639285067917

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*